EMAIL US AT info@etahfizh.org
CALL US NOW (+62) 85 77 9696308
DONASI

Wah Ini Dia Jurus Jitu Mengkhatamkan Al-Quran Selama Ramadan!

Wah Ini Dia Jurus Jitu Mengkhatamkan Al-Quran Selama Ramadan

 

Haqers seperti yang kita tahu salah satu ibadah utama dalam bulan Ramadan ialah membaca Al Qur’an. Jika di luar Ramadhan saja membaca tiap hurufnya bernilai 10 kebaikan maka apalagi di bulan Ramadhan di mana semua amal dilipatgandakan pahalanya. Tentu pahalanya akan berlipat-lipat.

Nah,  buat Haqers yang ingin mengkhatamkan membaca 30 juz selama Ramadan tips-tips berikut ini bisa kamu pakai.

 

1. Pasang niat

Pertama-tama pasang niat kalau kamu bakal khatamin 30 juz selama Ramadan. Mantapkan niat itu dari sebelum Ramadan. Kenapa sebelum Ramadan? Agar ada waktu pemanasan sebelum Ramadan tiba.

 

2. Berusaha bersihkan hati

Kata Utsman bin Affan Ra: “Jika hati kita suci maka ia tidak akan pernah puas dengan kalam Rabb-Nya” artinya kotoran hatilah yang membuat kita berat dari membaca Al-Qur’an. Yuk perbanyak istighfar buat bersihin hati kita.

 

3. Pasang strategi

Pernah nggak di Ramadan sebelumnya kamu nargetin buat khatam 30 juz tapi baru beberapa juz sudah angkat bendera putih? Bisa jadi kamu cuman pengin tapi gak nyusun strategi. Gak cuman perang yang butuh strategi buat mengkhatamkan Quran juga butuh strategi. Karena mengkhatamkan Quran bagaikan perang melawan diri sendiri. Strategi yang bisa kamu ambil yaitu membagi-bagi 30 juz ke dalam beberapa bagian. Kira-kira seperti ini, 30 juz bakal diseleskan selama 30 hari berarti sehari kudu nyelesein satu juz. Nah satu juz itu (kalau pakai Qur’an standar) hanya 20 halaman. Jadi 20 halaman harus diselesaikan sehari caranya sebagai berikut: Waktu salat wajib ada lima nah bagi saja 20 halaman tadi tiap selesai salat fardhu. Abis shubuh empat halaman, abis zuhur empat halaman dst. Dengan kecepatan standar kamu cuman butuh sepuluh menit buat membaca empat halaman. Sesibuk-sibuknya kamu kerja pasti ada istirahat salat kan? Nah sisihin sepuluh menit aja buat tilawah tiap abis salat fardhu.

 

4. Bareng-bareng

Nah, beramal kalau sendiri-sendiri kan cepat bosan tuh. Kamu bisa ajak teman nongkrong supaya bisa saling pantau tilawah udah sampai mana, juga buat wadah saling ingetin kalau-kalau ada yang lupa tilawah.

 

5. Kasih tahu orang terdekat.

Kasih tahu orang-orang terdekat mu kalau kamu punya target khatam Qur’an, minta do’a mereka dan diingetkan kalau sedang lupa. Orang terdekat bisa orangtua,pasangan atau temen deket.

 

6. Berdoa dan minta didoakan

Do’a itu senjatanya orang mukmin. Setelah niat dan taget disusun, berdoalah kepada Alah untuk dimudahkan dalam mencapai target tersebut. Minta juga doa ke orang tua karena doa orang tua itu maqbul.

 

Akhirnya, selamat menyambut Ramadhan. Semoga kita bisa panen sebanyak-banyaknya kebaikan dan keberkahan.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: