CALL US NOW 08 123 123 30 71
DONASI

Pengembangan dan Penerapan Riset Secara Bersama Untuk Kemajuan Pendidikan Tinggi Di Indonesia

Oleh : Endi Adriansyah, S.T, M.T.

 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Tanpa proses belajar yang baik, tentunya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas akan minim dihasilkan dan tentunya akan berefek kepada proses pembangunan bangsa. Orang-orang hebat yang mengelola dan memberikan dampak kemajuan bagi Indonesia, tentu saja berawal dari proses belajar yang baik.

 

Mahasiswa dan kultur kampus yang berbasis pada penelitian dan pengembangan, akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, kritis, kreatif, dan tentu tidak sekedar bekerja ketika nanti berada di lapangan. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, inovasi baru, dan bahkan produk-produk penyelesaian masalah yang mutakhir, lahir dari penelitian dan pengembangan. Research and Development, adalah hal yang harus senantiasa dilakukan oleh bangsa ini jika ingin maju dan berkembang. Melaksanakan penelitian dan pengembangan, tentunya akan berdampak kepada majunya ekoomi, pendidikan, sosial, dan sektor-sektor lainnya di masyarakat. Mahasiswa tersebut akan menjadi agent of change, pemimpin masa depan yang mampu memecahkan masalah, serta mampu memberikan solusi atas berbagai masalah. Ilmu yang bermanfaat tentunya bukan hanya ilmu yang disimpan untuk diri sendiri atau sekedar disimpan dalam pikiran kita, melainkan ilmu yang diamalkan sesuai fungsinya dan memberikan manfaat untuk orang banyak serta memberikan dampak perubahan yang signifikan untuk masyarakat.

 

Pembangunan dan penelitian memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kualitas hidup. Oleh sebab itu penelitian dan pembangunan seharusnya berjalan ber-iringan. Kualitas penelitian juga menjadi sangat menentukan bagi kemajuan suatu bangsa. Idealnya, hasil penelitian harus mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam menuntaskan permasalahan yang ada ditengah masyarakat. Faktanya, sebagian besar hasil penelitian  mahasiswa di Indonesia masih menjadi pajangan. Harapan memberi kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan penyelesaian masalah masih dipertanyakan. Untuk itu perlu suatu kebijakan yang mampu merubah arah penelitian. Akar permasalahannya antara lain kurangnya kemampuan mahasiswa memahami substansi dan metodologi.

 

Kemampuan untuk mengakses digital resources juga masih menjadi permasalahan meskipun tidak dominan. Ketiga permasalahan tersebut yang kemudian, menjadikan idealisme mahasiswa berubah. Sikap ilmiahnya terganggu sehingga memunculkan penelitian yang tidak maksimal. Terkait tentang mutu Riset, standarnya yakni harus mampu memberikan model atau teori. Riset juga harus menjawab masalah nyata yang ada di tengah masyarakat.

 

Penguatan tugas berbasis produk dengan rancangan yang detail dan kesediaan dosen untuk mereview harus dilakukan. Memastikan mahasiswa dan pembimbing mematuhi pedoman sesuai standar nasional maupun internasional. Dosen pembimbing, menurutnya harus ada Focus Group Discussion (FGD) yang terjadwal dengan output yang terukur. Demikian pula dengan keahlian dosen, harus ditata dan sesuai dengan tema penelitian mahasiswa. Keseluruhan proses tersebut harus memiliki sistem penjaminan mutu yang jelas. Terkait peningkatan kualitas riset dan publikasi. Kita mendorong agar mahasiswa melakukan riset dengan baik, efisien dan cepat. Serta perlunya adanya kompetisi riset satu bidang ilmu atau satu rumpun untuk mendapatkan dana hibah dan penghargaan dari Lembaga yang mengadakan. Kaloborasi riset untuk menciptakan temuan atau karya ilmiah baru sangat penting untuk menjalin kerja sama antar instansi maupun antar universitas dalam satu provisinsi atau lain.

 

Hasil riset juga harus terpublikasi di jurnal bereputasi nasional maupun internasional  untuk mahasiswa universitas negeri mapun swasta sebagai standar kelulusan. Hal ini penting, karena menurut publikasi jurnal bertujuan untuk men-share temuan kepada komunitas ilmiah secara formal. Publikasi ilmiah juga berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas ilmiah dan sebagai bukti keahlian seorang peneliti. Pada akhirnya publikasi tersebut harus memberikan kontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa dan dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

 

26 Comments

  1. Endi 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Lanjutkan

    REPLY
  2. Rahmawati Saputri 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Semoga semua tujuan yang tertuang pada artikel ini dapat segera terwujud sehingga mahasiswa ataupun masyarakat umum dapat mengetahui jurnal-jurnal terbaru yang akan memudahkan proses pembangunan pada negeri ini.

    REPLY
  3. Dwita 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Bermanfaat bgt🙏

    REPLY
  4. Adrianayah 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Artikelnya brmanfaat

    REPLY
  5. Adriansyah 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Artikelnya sangat bermnafaat

    REPLY
  6. rinna astuti 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Semoga selalu memberi manfaat kak endi 👌👌

    REPLY
  7. Nike putri bungsu 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Sangat menarik dan bermanfaat..

    REPLY
  8. Mesa 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Karya yang sangat bermanfaat

    REPLY
  9. Apriyanto, ST 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Mantap lanjutkan semoga bermanfaat 👍

    REPLY
  10. Wahyuni 2 tahun ago Mei 12, 2020

    👍

    REPLY
  11. adriansyah 2 tahun ago Mei 12, 2020

    lanjutkan smga bermanfaat

    REPLY
  12. Mesa 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Lanjutkan karya yang bagus dan menarik

    REPLY
  13. Venny 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Sangat bermanfaat untuk menginspirasi generasi muda tux berkarya

    REPLY
  14. okatiara 2 tahun ago Mei 12, 2020

    sangat bermanfaat

    REPLY
  15. Salim 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Karya yang menginspirasi saya.

    REPLY
  16. Salim 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Karya yang sangat menginspirasi saya.

    REPLY
  17. Salim 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Karya yang sangat menginspirasi saya

    REPLY
  18. Daniyati 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Sangat bermanfaat….

    REPLY
  19. Fitri 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Semangaat trus untuk berkarya dan sllu mengembangkan ilmu nya 👍

    REPLY
  20. Tyas 2 tahun ago Mei 12, 2020

    That’s good research

    REPLY
  21. Nurhayati 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Ulasannya keren..

    REPLY
  22. Muhamad fadli 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Sangat bermanfaat untuk pengetahuan

    REPLY
  23. Jammes Ardhica 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Sangat menginsipirasi 😊👍

    REPLY
  24. Surya Ramadhan S.Kom 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Nice work, Sungguh sangat termotivasi membaca nya

    REPLY
  25. Hertanu 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Mantaaap, lanjut terus karyanyaa,, banggakan indonesiaa !!!

    REPLY
  26. Syaipul 2 tahun ago Mei 12, 2020

    Moga penelitiannya bermanfaat ndi

    REPLY

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: