CALL US NOW 08 123 123 30 71
DONASI

Ikuti Langkah Ini, Anak Dijamin Suka Menghafal Al-Qur’an

Rasulullah saw. bersabda, ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap huruf dalam Al-Qur’an akan mendatangkan kebaikan bagi orang yang membacanya, menenangkan jiwa, mengangkat derajat dan menjadi penolong pada hari kiamat..

Mendapatkan anak yang mahir membaca, menghafal dan mengkaji Al-Qur’an tentu saja menjadi kebangaan tersendiri bagi orang tua, hanya saja mencetak anak dengan kemahiran di atas membutuhkan tantangan tersendiri. Sangat dibutuhkan motivasi yang kuat dari orang tua agar anak cinta Al-Qur’an.

Haqers di bawah ini kami jabarkan serangkaian cara jitu supaya anak-anak semangat belajar Al-Qur’an:

1. Jangan memaksa

Memaksa anak justru akan membuat mereka tidak nyaman. Biarkan minat untuk belajar membaca Al-Qur’an muncul dari dalam diri mereka sendiri. Kita cukup memberikan stimulasi agar mereka tertarik, karena anak adalah pembelajar yang hebat.

2. Berikan contoh

Memberikan contoh adalah cara paling jitu, karena anak adalah peniru yang ulung. Tunjukkan kebiasaan dan kebutuhan Haqers membaca Al-Qur’an. Dijamin anak akan meniru kebiasaan itu.

3. Penjelasan kenapa harus membaca Alquran

Pada anak usia sekolah perlu mulai diberikan penjelasan kenapa kita butuh membaca Al-Qur’an serta melakukan ibadah-ibadah lain. Lakukan komunikasi dua arah dengan anak-anak, hargai setiap pendapat mereka tentang penjelasan Haqers.

Pengertian mereka tentang kebutuhan beribadah akan menjadi dasar kecintaan mereka pada Al-Qur’an.

4. Lakukan dengan cara menyenangkan

Sekarang banyak sekali metode belajar membaca Al-Qur’an untuk anak-anak, mulai games pengenalan huruf hijaiyah, Iqro versi cetak dan digital, ummi, tilawati  sampai dengan pen yang bisa mengeluarkan suara.

Hampir semua anak tertarik dengan media tersebut dan semuanya bagus, yang menjadi poin penting adalah lakukan dengan cara menyenangkan.

5. Dimulai dari yang mudah

Memulai belajar dari yang mudah akan memotivasi anak untuk ingin melakukan lagi. Ini disebabkan mereka merasa mampu melakukannya.

6. Lakukan secara konsisten

Adakalanya anak tidak mood untuk belajar. Saat seperti Haqers harus sedikit kreatif untuk mengelola mood mereka. Buat mereka berminat belajar membaca Al-Qur’an meskipun hanya sebentar. Tapi lakukan setiap hari.

7. Pujian dan hadiah

Berikan penghargaan setiap mereka selesai belajar mengaji dalam bentuk pujian atau ungkapan bahwa Haqers senang mendengarkan anak-anak mengaji.

Hadiah dan pujian akan menumbuhkan kerelaan dan keikhlasan anak dalam belajar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: