CALL US NOW 08 123 123 30 71
DONASI
eTahfizh gelar Qomandan

Hafalan Mudah Hilang? Haqers Kudu Baca Ini!

Terapkan Cara Ini Supaya Hafalan Tak Mudah Hilang!

Kabarnya Haqers mudah lupa ya ketika menghafalkan Alquran? Tak perlu khawatir karena kami punya cara jitu yang bisa Haers terapkan agar hafalan tak mudah hilang dan menghafal menjadi lebih cepat. Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf

Ketika ingin lancar menghafal Alquran, pastikan Haqers menggunakan satu cetakan mushaf yang sama. Hal ini agar kamu tidak bingung ketika mulai menggunakan cetakan berbeda yang nantinya membuat metodemu kacau karena ukuran ayatnya pun akan berbeda.

Selain cetakan yang sama, gunakan Alquran yang lebih mudah dibaca. Kamu bisa membeli Alquran dari cetakan-cetakan yang terkenal lalu konsisten menggunakan mushaf tersebut.

2. Tidak Menghafal Banyak Sekaligus

Allah tidak menyukai orang yang melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Begitu pula saat menghafal Alquran. Jangan paksakan diri kamu untuk menghafal Alquran dalam jumlah yang banyak sekaligus karena cara tersebut bukanlah cara yang efektif.

Cara menghafal Alquran sedikit demi sedikit secara konsisten jauh lebih baik daripada menghafal banyak sekaligus.

3. Menyetorkan Hafalan di Hadapan Qori yang Lebih Mahir

Ketika kamu mulai merasa berhasil menghafal satu ayat, surat, maupun juz, segera setorkan kepada seseorang yang memiliki bacaan bagus dan faham ilmu tajwid seperti imam-imam masjid ataupun guru tahfiz yang dekat dengan rumahmu. Hanya karena kamu sudah hafal, tidak berarti bacaanmu sudah tepat dan bagus.

Oleh karena itu, kamu akan mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi dan bisa segera dikoreksi jika disetorkan di hadapan Qori yang lebih mahir.

4. Baca Berulang-Ulang

Seperti seorang murid yang akan menghadapi ujian sekolah, menghafal Alquran dengan cara membaca berulang-ulang juga merupakan metode yang tepat untuk cepat menghafal. Kesungguhan dalam membaca ayat Alquran secara berulang-ulang akan mempercepat proses dalam menghafal. Semakin sering kamu mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatanmu.

5. Mengutamakan Durasi

Cara menghafal Alquran selanjutnya adalah dengan mengutamakan durasi hafalan. Berkomitmenlah pada durasi kamu biasa menghafal, bukan pada jumlah ayat yang harus dihafal. Jika kamu biasanya menghafal selama dua jam setiap hari, lakukan secara konsisten dengan dua jam tersebut sehingga tidak memberi tekanan kepada otak yang harus menghafal terlalu lama.

6. Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat

Selain mengatur durasi hafalan, mengulangi hafalan sebelum atau sesudah waktu salat dapat kamu lakukan untuk menambah daya hafalan. Kamu dapat sisihkan waktu minimal 15 menit. Selain itu, mengulangi hafalan setiap waktu salat juga bisa membantu kamu melaksanakan salat tepat pada waktunya.

7. Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam

Saat datang niat untuk menghafal Alquran, lakukanlah untuk setia dengan wahyu Allah Swt. daripada hanya untuk sekadar khatam. Sehingga, setelah berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz, Haqers tidak meninggalkan Alquran dan tetap semangat mengulang hafalan.

Seperti itulah cara menghafal Alquran dengan cepat dan tepat agar Haqers tidak mudah lupa. Semoga dengan menghafal Alquran Haqers dapat memperoleh syafaat Alquran yang tiada duanya. Selamat mencoba!

Sumber: https://www.liputan6.com/citizen6/read/3877652/7-cara-menghafal-al-quran-dengan-cepat-agar-tidak-mudah-lupa

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: