CALL US NOW 08 123 123 30 71
DONASI

Rasa Malas Menghafal Al-Qur’an Melanda? Ikuti Langkah Ini Haqers (1)

Rasa Malas Melanda? Ikuti Langkah Ini Haqers (1)

Haqers sering kali ketika menghafal Alquran kita dihinggapi rasa malas dan patah semangat.  Nah ketika diri merasa sulit ketika mengulang-ulang ayat yang dihafal maka ketahuilah dalam satu huruf ada satu kebaikan yang kemudian dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Lalu bagaimana mengatasi rasa malas ketika menghafal Alquran? Yuk simak penjelasan di bawah

Niat

Yang pertama kali harus diperhatikan sebelum menghafalkan Alquran ialah niat. Niat kita murni ikhlas karena Allah dan hanya untuk meraih ridha Allah. Bila niat kita hanya untuk riya’ dan menyombongkan diri maka jerih payah  dan pahala kita akan sia-sia. Bila niat kita hanya untuk meraih dunia maka kita hanya mendapatkan dunia saja. Sejatinya semuanya bergantung pada apa yang kita niatkan. Niatkanlah hanya untuk meraih ridha Allah.

Semangat (Himmah)

Yang kedua yang perlu Haqers perhatikan dalam menghafalkan Alquran ialah semangat. Sejauh mana diri kita mampu menyemangati diri dan sejauh mana semangat kita mampu mengikis rasa malas dan menumbuhkan rasa antusias. Kalau ada rasa malas maka berdoalah Bismillah Allahumma ‘paksa’ ngafalin quran. Kita harus bisa memerangi rasa malas kalau ingin berhasil.

Setia (Istiqomah)

Yang ketiga yang perlu kita perhatikan dalam menghafalkan Alquran ialah istiqomah dan fokus pada tujuan. Ketika menghafal Alquran kita dihadapkan pada proses yang memakan waktu lama, oleh karenanya diperlukan keistiqomahan dan kesabaran.

 

Semoga tiga tips di atas dapat Haqers terapkan ketika rasa malas melanda. Di unggahan esok kami akan memberikan tips lebih banyak supaya tak malas ketika menghafal Alquran.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: