CALL US NOW 08 123 123 30 71
DONASI

Berapa Lama Waktu yang Telah Kita Habiskan

Ini dia beberapa cara agar Haqers bisa menghafal Al-Qur’an dengan cara menyenangkan dan  semoga Haqers dapat memetik hikmah serta menerapkan cara di bawah supaya menghafal tak menjadi momok lagi.

Pertama, menghafal tak harus hafal.  Menurut ustaz Deden yang terpenting dalam proses menghafal adalah durasi waktu yang dihabiskan bersama Al-Qur’an lo Haqers. Selama satu hari pokoknya jangan menghitung jumlah ayat yang didapat, tapi berapa waktu yang sudah dihabiskan untuk Al-Qur’an. Hafal atau tidak menjadi urusan Allah. Biarkan Allah yang yang menghimpun hafalan dalam hati kita.

Kedua, senang dirindukan ayat. Kalau kita tidak hafal-hafal, itu tandanya ayat tersebut rindu dan ingin berlama-lama dengan kita. Tidak usah menyerah, tapi nikmati saja. Kalau sudah senang dirindukan ayat, menghafal pun akan terasa nikmat. Selama pikiran itu tidak ditanamkan, tidak akan nikmat menghafal Al-Qur’an.

Terakhir ia berpesan jika hati kita masih pengap, ingin khatam, ingin hafal, dan tidak menikmati, Allah akan memperlama proses menghafal tersebut. Allah ingin niat hati yang salah tersebut terkikis oleh lamanya penderitaan selama menghafal.

Selamat menikmati nikmatnya menghafal.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: